Menang jadi arang, Kalah jadi abu

Beratnya tugasku sebagai anak sulung....
Tanggung jawab yang membuatku terjepit diantara berbagai kepentingan banyak pihak...
Aku bosan bapak....
Aku bosan Ibu'....
selalu terjepit ditengah-tengah pertengkaran kalian berdua....
aku bingung membela siapa, kalian terlalu keras kepala, selalu mengunyah permasalahan itu
aku heran dengan keteguhan hati kalian....
tidak ada apa pun yang menjadi pertimbangan kalian....
kalau pernikahan menjadi tempat sampah seperti ini, lebih baik aku tidak menikah.

sudahlah...
ribut, silakan ribut....
perang? silakan....
aku tidak mau ikut campur...
toh kalian tidak memikirkan aku
toh kalian tidak mau berubah...
apa itu keluarga harmonis?
apa itu keluarga yang bahagia?
terserah kalian berdua....
ini kan hidup kalian, yang kata kalian....kami tidak tahu apa-apa
hahahahaha


maafkan aku
kalau aku menjadi apatis

Nice Trip Memories


Pulang pergi salatiga pekalongan sudah biasa bagiku. Nunggu bis jam berapa pun pasti dapat bis ke Pekalongan... mau yang ekonomi sampai yang patas AC tinggal naik, mau langsung atau transit dulu ke semarang tinggal pilih...asal uang ada....(hehehe)...

Paling sering aku naik samijaya, bis ini dari jam 9.15 pagi sampai jam 1 siang melewati jalan diponegoro salatiga...aku tinggal menunggunya di kemiri.. Samijaya jelas cepat jalannya, jarang 'ngetem' dan biasanya dalam waktu kurang dari 3 jam perjalanan, sampai di pekalongan...ni bis isinya masih manusia...(hahahaha)

Lain lagi kalau naik bis yang jurusan wonogiri-jakarta (co:tunggal dara, PO langsung), pasti ketemunya udah lewat jam 2 siang, terus pas di daerah weleri-nggringsing pasti istirahat di rumah makan (+/- 30menit), jalannya pelan, dibandingkan ma samijaya...kalah jauh...trus...ini bis isinya macem-macem...seringnya manusia ma hasil panen(co:pete, beras) juga motor titipan..hehehe....udah gitu ampe pekalongan lebih dari 4jam...pegel banget...
Biasanya dari salatiga sampai pekalongan, aku bayar 30ribu, dan tak pernah kekurangan uang wat bayar...karena aku udah nyiapin uang lebih...
q dan adikku fahmi
Tapi, kadang musibah datang juga... rabu kemaren aku pulang pekalongan dengan adikku (fahmi) yang ngikut aku ke salatiga dari hari minggu, kebetulan kami naik bis girisari (wonogiri-jakarta). Waktu mau naik bis, kondekturnya minta Rp 35.000/orang, karena ngerasa uangku cukup, aku naik ma adikku. Pas mau bayar, uang yang ada cuma Rp 63.000...uuuwwwaaaaa.....aku panik bukan main...gusrak gusruk cari-cari ke seluruh ransel gak ada uang lebih...akhirnya bilang terus terang ma kondektur kalau uange hanya ada 63ribu, kondekturnya marah-marah...sangarre nemen pukok'e...(dia juga bilang kalau parkir bis aja 5rb bayare, masak aku ma fahmi bayare kurang 7rb..) hiks...hiks
tapi ma supir'e dibilang gak papa...
Alhamdulillah...supirnya baik hati...

Akhirnya kami sampai Pekalongan dengan selamat, untung aja ndak diturunin di subah atau di weleri...(hehehehe)

Sebenare kalau diitung-itung...salatiga-pekalongan naik patas AC ma ekonomi, lebih murah naik Patas AC (sl3-smg Rp.10.000, smg-pkl Rp. 25.000)Coyo patas Cirebon-Semarang (gambar diambil dari sini)
Malah sama aja ternyata tarifnya....ya wes lah...mulai sekarang aku balik ke patas AC aja...

Di rumahkan


sudah lama sebenarnya denger kabar kalau bapak mauw dipecat...
cuma ya...gimana lagi....
ndak mungkin kan q protes ama tempat kerja bapakku....itu wewenang para atasan...
perampingan ini katanya siy, denger-denger karena bapakku sebagai penyiar radio tidak punya kualitas yang diharapkan ama radio mereka...(kata pimpinan yg baru), bapakku yang udah jadi penyiar radio dari th 70an, udah wira-wiri sebagai reporter andalan mereka gak bisa menyesuaikan dengan kualitas yang mereka inginkan sekarang...

jadilah...bapak resmi dikeluarkan dari radio tampatnya bekerja senin 2 oktober 2009. Bersama 2 rekannya (mabk hena dan mas ilham) bapak dirumahkan...
Dalam waktu dekat 3 temannya yang lain akan menyusul dirumahkan...
mereka yang sudah lama berkutat dengan dunia penyiaran akan digantikan dengan para yunior yang baru diterima, yang jelas belum berpengalaman juga.
Pihak radio minta fahmi (adikku) untuk masuk ke radio tsb sebagai ganti bapak...tapi fahmi menolak karena fahmi tidak ingin dan tidak mempunyai kompetensi sebagai penyiar.

Pacaran Tidak Sehat

Pacaran itu adalah aktivitas mendekatkan diri dengan seseorang untuk menuju pernikahan, di dalam Islam sering juga disebut sebagai ta'aruf...
Tapi...konotasi pacaran saat ini lebih dekat kepada ajang senang-senang saja, sebagai ajang pembuktian laku tidaknya seseorang dan persaingan gengsi. Banyak dari orang-orang di sekitar kita memandang bahwa pacaran berarti bisa dan boleh having sex serta alasan sebagai pengekangan hak sang pasangan untuk bersosialisasi dengan orang lain...
Hal ini lah yang dikatakan sebagai pacaran tidak sehat, karena di dalamnya terdapat unsur pemaksaan kehendak salah seorang. Seperti yang dialami oleh "mg" temanku... Mg punya pacar, cowoknya selalu melarang MG untuk bertemu dengan teman2nya yang lain (temen SMP/tmn SD/tmn SMA,bahkan saat dia ikut reuni pada saat lebaran kemaren, pacarnya langsung memutuskan MG, dia mau balik dg mg lagi bila mg putus hub ma temen2 sekolahnya...
Mungkin kejadian di atas juga pernah menimpa kita,
Apabila suatu saat hal itu terjadi...kita harus bersikap tegas...
Tidak perlu takut dengan ancaman putus dari pasangan kita yang mencoba mengekang hak kita untuk silaturahmi...
Putus ya putus...
Pacaran bukan untuk dikekang, bukan untuk ditekan...tapi untuk mendekatkan diri seseorang dengan toleransi dan keterbukaan...

Terapi Keluarga - Behavior


Di dalam terapi keluarga behavioral, ditekankan tentang bagaimana mengubah perilaku anggota keluarga / keluarga dengan memodifikasi gejala atau akibat dari suatu tindakan. Penekanan pada penghilangan perilaku yang tidak sesuai menjadi perilaku positif.

Tugas terapis:

a. Menyebutkan tingkah laku maladaptip

b. Memilih tujuan-tujuan yang masuk akal

c. Mengarahkan dan membimbing keluarga untuk merubah tingkah laku yang tak sesuai

Penerapan teori tingkah laku ke dalam konseling keluarga menekankan 3 hal pokok:

a. Menciptakan konseling yang positip

b. Mendiagnosis problem-problem keluarga ke dalam istilah tingkah laku

c. Mengimplementasikan prinsip-rinsip tingkah laku dari penguat dan model

d. Penggunaan model dan permainan peranan dalam proses penyembuhan.

e. Adanya kesepakatan atas hal yang akan diubah antara konselor dan anggota keluarga

Tipe-tipe dalam terapi keluarga behavioral

1. Latihan perilaku orang tua ( behavioral parent training )

Behavioral parent training menunjukkan pada pelatihan keterampilan orang tua. Terapis membantu sebagai pendidik belajar sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk merubah respon orang tua terhadap anak-anaknya. Berubahnya respon orang tua, akan membuat perilaku anak pun berubah.

Tipe ini menggunakan metode verbal dan perbuatan. Di dalam metode verbal mengandung intuksi verbal maupun tertulis. Tujuannya untuk mempengaruhi pikiran. Sedangkan metode perbuatan menggunakan teknik bermain peran ( role playing ), modelling dan latihan tingkah laku yang baik. Fokus utama pada perbaikan interaksi antara orang tua dan anak yang mengalami masalah.

2. Terapi pernikahan / suami istri ( mariage/ couples therapies and education )

Dipelopori oleh Robert Liberman ( 1970 ) dan Richard Stuart ( 1969 ).

4 komponen utama dalam terapi pernikahan/ suami istri ( Hahlweg, Baucom, & Markman, 1988 ) :

  1. Analisis perilaku dalam masalah suami istri

Analisis ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh terapis terhadap pasangan, jawaban-jawaban dari angket yang diberikan, dan pengamatan terhadap perilaku keluarga.

  1. Pembalasan yang positif

Membangun teknik pemikiran yang positif dengan ‘caring day” dan “contingency contracts”

“caring day” : hari dimana anggota keluarga saling memperhatikan.

“contingency contracts” :

  1. Pelatihan keterampilan berkomunikasi

Pasangan belajar menggunakan kata ‘saya’ dalam kalimat untuk mengekspresikan perasaan-perasaan mereka. Mereka belajar tentang masalah-masalah “here and now “ yang mereka miliki, dan kemudian merenungkan hal-hal pada masa lalu. Selanjutnya mereka mulai menggambarkan perilaku suami/istri dengan spesifik. Di akhir latihan, pasangan dapat memberikan feedback positif terhadap perilaku pasangan.

  1. Latihan memecahkan masalah

Komponen ini melengkapi pasangan dengan keterampilan memecahkan masalah, seperti menyebutkan ( secara jelas ) apa yang mereka inginkan, kemudian merundingkannya dengan pasangan, serta membuat kesepakatan.

3. Treatment pada Disfungsi seksual ( treatment of sexual disfunctioning )

Digunakan untuk membantu pasangan suami istri yang mengalami gangguan pada hubungan seks mereka, yang kemudian menjadi masalah pasangan. Seperti ejakulasi dini.

Treatment yang diberikan mengandung:

· Pengurangan kecemasan terhadap penampilan mereka

· Pendidikan seks, yang mengandung teknik-teknik dalam hubungan suami istri

· Latihan keterampilan dalam berkomunikasi

· Perubahan sikap

4. Terapi fungsi keluarga ( functional family therapy )

Dalam functional family therapy, pertolongan diberikan apabila hubungan interpersonal antar anggota keluarga dalam keadaan :

1. Contact/ Closeness ( Merging )

Anggota keluarga sama-sama bersaing di dalam keluarga.

2. Distance/ Independence ( Separating )

Anggota keluarga saling memisahkan diri, ada jarak diantara mereka.

3. Kombinasi 1 & 2 ( Midpointing )

TEKNIK-TEKNIK YANG DIGUNAKAN

- Operant conditioning

- Komunikasi dan strategi pemecahan masalah

- Pelatihan

- Contingency contacting

- Bermain peran

- Reinforcement/ penguatan positif

- Modelling

- Punishment/ hukuman

- Reframing

- Psycoeducational methods


DAFTAR PUSTAKA

Gladding, Samuel T. 2002—3rd ed. Family Therapy : History, Theory, and Practice. New Jersey: Upper Saddle River

Piercy, Fred P. & Sprenkle, Douglas H. 1986. Family Therapy. New York: Guilford Press

Siapa Pelakunya?

Sudah seminggu lebih, tapi pelaku woman trafficking yang menjadikanku korban belum juga terlacak... Aku dan 12 teman sejurusan menjadi sasaran sms dan telpon gara-gara nomor hp kami ada yang menuliskan di beberapa grup facebook dengan isi kami melayani sex by phone juga secara langsung asal berani bayar... Yang menjadi persoalan adalah nomor hpku baru ku pakai selama 2 minggu dan hanya ku berikan pada kolega2 di organisasi alumni SMA dan teman2 di jurusanku, sementara itu yang menjadi korban adalah anak BK semua, berarti kemungkinan yang menyebarkan nomor kami adalah anak BK sendiri juga, bukan orang lain atau pun hacker...

Awalnya, aku kira hanya aku sendiri korbannya, setelah aku cek ternyata bukan hanya aku, teman-temanku pun menjadi korban. Banyak sms yang masuk ke nomor kami berupa penawaran untuk having sex... Astagfirullah.... Karena itu lah, aku lapor pada pihak jurusan...bahwa ada indikasi kalau salah seorang anak didiknya mengalami depresi. Buktinya dia menyebarkan nomor hp teman-temannya dengan isi jelek yang otomatis merusak nama baik kami...

Alhamdulillah, sekarang sudah agak jarang yang sms dan telpon (mungkin karena banyak yang aku marahi pas telpon kali ya...) mengganggu kami. Tetapi, pelaku kejahatan ini belum bisa kami lacak batang hidungnya....

ditawarkan di fb


aku ngerasa jengkel banget. Nomer hpku yang baru aku pakai selama 2minggu ada yang nyebarin di fb. Udah nyebarin, pakai promosiin jelek2 lagi... sampai-sampai banyak yang menghubungi aku kebanyakan dengan kata-kata yang gak enak banget didengerin. ada juga yang sempet nawar segala.
Padahal nih, aku memberikan informasi tentang nomor baruku ini pada teman2 tertantu saja. Orang tuaku sih nyaranin buat ganti nomer lagi saja, tapi aku males....kalau kaya gitu kan berarti aku menghindari masalah dan gak nyelesaiin kasus ni...
temen2 da yang bisa bantu nangkep hackernya gak ya???

Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1430H


Ramadhan 1430 H
Seakan ingin kugapai lengkung langit-Mu

buat kurengkuh dalam nafasku
biar puas dahaga rindu
dalam waktu yang tinggal sejenak bersamamu


Asyiknya rasakan lapar dahaga
dibalut terik matahari disapa dehidrasi

berakhir dalam dekap ampunan Azza wa jalla

dan hilal tersenyum menyambut kita

karena tlah memenangi laga

melawan maksiat dan angkara


Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1430H
Ja'alanallahu Wa-iyyakum Minal Aidin Wal Faizin
Wal maqbulin Kullu Aamin Wa antum bi khoir....
Amien...


Jika ada alpa dan khilaf

atau sesuatu yang kurang disuka

Ketulusan maaf yang aku damba

Pekalongan, 1 Syawal 1430 H -Nur Hanifah-

Hari ini dan Lab internet

Temen-temen, maaf ya lama ndak nulis lagi...terbentur ma jadwal kuliah juga proposal skripsi yang harus segera diajukan... Kan sesuai target, februari 2010 ini aku harus wisuda (alias udah lulus ujian skripsi)...makanya sekarang harus ekstra tenaga dan pikiran untuk skripsiku yang belum terealisasi ini...hiks..hiks...
Sekarang, aku menulis kabar ini dari laboratorium internet di kampus disela-sela kuliah layanan konseling diperluas. Kok bisa kuliah layanan konseling diperluas tapi di lab internet?mungkin kalian akan bertanya-tanya seperti itu... Konseling itu bisa dilakukan dengan media, melalui telepon ataupun chat dan lainnya di internet, sehingga di matakuliah "layanan konseling diperluas" kami diajari bagaimana menggunakan jaringan internet sebagai media konseling nantinya...asyikk kan...konseling melalui chat di YM...atau pun di Gtalk...insyaallah terjamin kerahasiaannya....(cie...malah promosi...)
Kami juga mempunyai komunitas di Ning, boleh lihat deh di http://angkatan2006.ning.com/ . Hehehe...aku baru aja tergabung jadi membernya... Di situ temen-temen bisa lihat teman sekelasku di progdi Bimbingan dan Konseling FKIP UKSW. Teman-teman juga bisa mendapatkan informasi tentang kami di facebook lhoo....tapi...sayangnya...facebook diblokir oleh kampusku (UKSW), sehingga kami tidak bisa mengaksesnya dari lab internet kampus...hiks...hiks..hiks... Untuk facebook, kami harus masuk posnet(warnet kampus UKSW) dulu....yang full AC n full musik...huehehehe...ada yang minat nerusin ke UKSW???
Wahh ngobrolnya kok makin jauh ya...???gubragss....gak kepikiran deh tadi...
Ya udah deh segini aja ceritanya tentang kabarku sekarang....
Mmmm insyaallah nanti sore aku ceritakan acara foto bersama arca nandi di kampus....
Ok??

cepet sehat dunkzzzzz

stelah 4hari gak kuat puasa, kmaren jum'at q sanggup puasa...sehari full...
uhh....hati udah seneng banget....puasa lagi...
eh gak malemnya...q tepar lagi...
muntah2 dan batuk terus...
karena gak sanggup nahan batuk terus, aku minta tolong ma bu kos buwat ngerokin...tapi beliaunya ndak mau...
hiks...jahat banget si bu kos...

hampir nangis, q sms bapak ma ibu di rumah...laporan kondisi terakhirku...
gak lama mereka berdua telepon (alhamdulillah...mereka udah rukun kembali)
mengecek suara x ya...hehehe...tapi kentara banget kok dari suara mereka berdua kalau mereka cemas dengan kondisi tubuhku yang drop lagi... (ortu cemas kok malah seneng)
mereka tanya macem2 dari makanan yang q konsumsi pas sahur ma buka puasa sampai aku kluyuran kmana aja mpe sakite balik lagi....gubrags...("q kuliah tok kok bu" jawabQ)
juga mewanti-wanti untuk tidak makan makanan siap saji (halahh...)
terus ibu malah nyuruh q pulang rumah...drpada di sini sakit terus...yang q tolak dengan tegas (cie...)karena kuliah semester baru udah mulai...
mendengar suara mereka berdua di hp membuat perasaanku rada enakan....sehingga q langsung tertidur bgitu mereka menutup pembicaraan....hupfff.....

gak tau nih...daya tahanku kok ngedrop terus dari bln juni akhir...
buwat apa dikit langsung tepar...
bosennnn.....pengen sehat kaya biasanae...
yang tahan sgala macem cuaca...juga sikon...
aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa....................................

Namaku bukanlah iplah....tapi NUR HANIFAH


Aku heran dengan orang-orang itu
termasuk juga teman-temanku...
kok mereka semua enteng aja ya...manggil orang dengan sebutan-sebutan...yang aneh...
gag jelas... dan yang pasti bukan nama kita banget...
aku memang tidak suka hal-hal seperti ini...
kenapa? karena nama yang kita miliki sekarang adalah trademark kita...
nama ini lah pemberian orang tua yang benar-benar dipilihkan mereka berdua untuk kita... untuk menjadi apa yang mereka harapkan...
nama bagus-bagus kok diganti macem-macem aku yang bernama nur hanifah ini berkali-kali mereka panggil dengan 'iplah'
heh...???
aku sudah menyampaikan keberatanku... tapi apa coba balasan mereka??? malah menyebarluaskan sebutan jelek itu ke semua orang....!!!! sungguh sangat menjengkelkan....
aku selalu memanggil mereka semua dengan nama mereka masing2 nama pemberian ortu mereka.... kok mereka malah nggak ngehargai namaku....
udah gede2...mbok ya...jangan gt ya sebagai calon orang tua...
sebagai seorang yang dewasa... belajarlah menghargai orang lain...
dengan dimulai pada hal yang menurut kita sepele tapi sebenarnya sangat penting... panggillah nama kami sebenarnya... nama yang kami cintai ini

Nur Hanifah namaku bukan iplah atau pun ipeh

CURHAT???

Pernah liyat acara "curhat bersama anjasmara" di TPI???
hmm.....


Dari awal aku memang tidak terlalu tertarik untuk menonton acara tersebut...
cuma...karena ajakan temen2 kos untuk menonton bersama makanya aku beberapa kali menonton acara yang dramatis itu...
gak dramatis gimana coba?
tiap ada orang yang baru dateng pasti pada langsung teriak2...saling menampar
juga adegan berkelahi....
WoW....melebihi adegan dalam sinetron....


Bukankah saat kita mempunyai masalah lebih baik dihadapi dengan tangan dingin?
maksudku...menyelesaikan masalah itu dengan tanpa adanya tindak kekerasan...
bukannya malah saling mencaci dan berkelahi...
Menurutku...acara ini jadi seperti ajang menjadi tenar dalam 1jam
gubraggggzzzzz............


Apa lagi episode semalam....
Sang Klien...datang ke "Curhat" dalam rangka meminta maaf kepada mantan2nya
yang telah disakitinya...karena 'klien' ini didiagnosis dokter menderita kanker paru
agak aneh kan....kalau niat dan tujuannya seperti itu tapi malah dateng ke acara "Curhat"...
terus kemudian adu makian n jotosan dengan para bintang tamunya yg lain...
menyesatkan....sangat menyesatkan....
Bagaimana coba bila adek2 kita menonton tayangan ini???
mereka akan terjebak ke dalam pemecahan masalah yang keliru....
keliru menjadi sosok manusia2 yang menghalalkan kekerasan....



aku benci kekerasan....
seperti aku benci pada teroris yang merusak Indonesiaku....

Laporan praktek yang tak kunjung selesai

haduhhh...
udah lama ni nganggur2 dipanti asuhan ma kos...

gak pernah yang namanya nyentuh2 kompi buwat bikin tugas...
alhasil laporan praktek belum aku ketik sama sekali...



huaaaaaa.......
pemales banget aku ini...
hiks hiks hiks
temen2 saja udah pada selesai laporan PPL mereka...tinggal jilid doank...
aku??? pa lagi selesai...ngetik bab 3 aja belum...



memang kmaren2 ngapain aja???

hehehe...kmaren2 aku maen ke toko....jagain toko...
trus kalu pas gak ke toko, ya tidur di kamar kosQ yang sangat menyenangkan walau berantakan kaya kapal pecah....
xixixixix...jadi malu....



uhhh... mana gak dapet2 pinjeman laptop lagi...
trus q ketik di mana dunk??

masa di posnet??? ihhh ada juga tetep gak selesai... yang selesai malah blogQ n fb hehehehehe




**peringatan untuk temen2....perbuatanku ini jangan ditiru yaa...bahaya!!!!!! bisa bikin stress akut....huahahahahahahahaha

#LovelyHani

#Lovely Honey

Di setting oleh Hanifah Sya'roni dengan segala kegalauan hati hihihi. Diberdayakan oleh Blogger.