psikotes dari ....

Tadi pagi saat kuliah Pemahaman Individu II, aku dan teman-teman di BK mengikuti 2 psikotes, yaitu Tes Inteligensi Kolektip Indonesia(TIKI) yang dikembangkan bersama antara Fakultas Psikologi Vrije Universiteit Amsterdam dengan Univ Pajajaran Bandung pada tahun 1977, dan Multiple Intlegency Test ( Tes Inteligensi ganda ) yang dikemukakan pertama kali oleh Howard Gardner pada tahun 1983. Saat mengikuti Tes Inteligensi ganda, aku tidak terlalu mengalami kesulitan karena waktu yang disediakan tidak dibatasi. Tes terdiri dari 80 pernyataan yang harus kami kerjakan. Tes ini termasuk tipe 'power test' yaitu tes yang mengutamakan kemampuan bukan kecepatan, sehinngga semua pernyataan bisa aku selesaikan.
Sementara pada TIKI yang disajikan dengan ' speed test' , aku terus terang agak mengalami kesulitan...karena setiap subtest dibatasi waktu pengerjaannya...seperti pada saat 'subtest berhitung angka' hanya diberikan waktu 6 menit untuk menyelesaikan 30 soal...hiks...tentu saja aku tidak bisa menyelesaikan semua soal...hanya 16 soal yang berhasil aku kerjakan...hiks...aku kan lemah dalam berhitung...
Menurut rencana Pak J.T. Lobby Loekmono(dosen kami), selama kuliah Pemahaman Individu II ini beliau akan terus memberikan psikotest kepada kami semua...dan...semua itu GRATIS...ini nih...salah satu manfaat jadi mahasiswa Bimbingan Konseling...
hehehe





* 2 tipe psikotest
a) speed test : test yang mengutamakan kecepatan kerja untuk memenuhi syarat diskriminatif
b) powerful test : tes yang mengutamakan kemampuan bukan kecepatan

* syarat diskriminatif maksudnya supaya dapat terbedakan hasil tes individu yang satu dengan individu yang lain

2 comments:

  1. Haloo ka hanifah, saya mau nanya. Dimana yaa ka saya bisa dapetin soal psikotest tiki? Maaakaaaasih : )

    BalasHapus
  2. Haloo ka hanifah, saya mau nanya. Dimana yaa ka saya bisa dapetin soal psikotest tiki? Maaakaaaasih : )

    BalasHapus

Tararengkyuh ^^,

#LovelyHani

#Lovely Honey

Di setting oleh Hanifah Sya'roni dengan segala kegalauan hati hihihi. Diberdayakan oleh Blogger.